Kamis, 04 Agustus 2011

MTsN Tuban meNASIONAL lagi

MTs Negeri Tuban mewakili tuban dalam kegiatan JAMBORE NASIONAL IX 2011

Jambore Nasional (Jamnas) IX Tahun 2011 dilaksanakan di Buper Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan dan Bumi Perkemahan Cadika Kota Palembang sebagai Sub Camp Jamnas IX 2011.

Jambore Nasional IX yang dilaksanakan pada tanggal 2 – 9 Juli 2011 dikuti oleh sekitar 30 ribu Pramuka Penggalang dari seluruh Indonesia, yang berasal dari setiap Kwartir Cabang (Kabupaten dan Kota) Gerakan Pramuka. Setiap Kwartir Cabang akan mengirimkan 2 regu putra dan 2 regu putri yang mana tiap regunya terdiri atas 8 pramuka Penggalang. Selain itu Jamnas IX 2011 juga dihadiri utusan pramuka dari Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darusalam.

Jambore Nasional atau Jamnas adalah pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia yang dilaksanakan dalam bentuk perkemahan besar. Jambore Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Jambore Pramuka Penggalang merupakan kegiatan rekreasi edukatif yang dilaksanakan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang dengan menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Sepanjang sejarah Jambore, Sumsel merupakan provinsi keempat di luar Jakarta yang menjadi tempat pelaksanaan Jambore Nasional selain Sibolangit, Sumatera Utara (Jamnas II 1977), Baturaden, Jawa Tengah (Jamnas VII 2001), dan Jatinangor, Jawa Barat (Jamnas VIII 2006). Kelima Jamnas lainnya dilaksanakan di Situ Baru, Jakarta (Jamnas I 1973) dan Cibubur, Jakarta (Jamnas III 1981, IV 1986, V 1991, dan VI 1996).
Jambore Nasional IX 2011 Teluk Gelam, OKI, Sumsel. Berdasarkan petunjuk pelaksanaan yang dirilis oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kegiatan ini bernama resmi Jambore Nasional Pramuka Penggalang Tahun 2011 atau disingkat Jamnas IX 2011. Dengan mengusung tema “Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang” dan motto “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan” serta slogan “Sehat, Cerdas, Ceria, Bersahabat”. Sedangkan logo Jambore Nasional IX 2011 adalah sebagai berikut:


Logo Janmas IX 2011

Si Bawok (Bangau Bluwok) maskot Jamnas IX 2011


Pintu masuk area Jamnas

Suasana riuh ketika menyambut kedatangan Bapak SBY


Kegiatan dalam Jamnas IX 2011. Dalam Jambore Nasional IX 2011 Teluk Gelam Sumsel, selama 8 hari peserta jambore akan mengikuti berbagai kegiatan seperti:

  • Kegiatan Teknologi dan Industri, meliputi: Teknologi Otomotif; Teknologi Amatir Radio; Teknologi Informasi (Internet); Kerajinan Gerabah; Industri Kreatif; Makanan Khas Daerah; Pers dan Jurnalistik (Media Cetak); Seni Fotografi; Siaran Radio; Siaran TV; Menggambar Komik, Kartun dan Karikatur; Budidaya Tanaman Buah; Budidaya Tanaman Hias; Budidaya Sayuran; Budidaya Tanaman Obat; Budidaya Lebah Madu; Budidaya Ikan Air Tawar; dan Budidaya Ternak.
  • Kegiatan Scouting Skill, meliputi: Pioneering; Semboyan dan Isyarat; P3K; Taksir Ukur; Peta dan Kompas.
  • Kegiatan Adventure Challenge, meliputi: Road & Field; Rope Courses; War Games (paintball, airsoft-gun, dan lain-lain); Orienteering Games; Survival; Olah Raga Air (dayung, raft building); dan Olah Raga Dirgantara.
  • Kegiatan Go Green – Global Development Village, meliputi: Bahaya Narkoba; Penanggulangan Penyakit; Sanitasi Lingkungan; Global Warming;     Daur Ulang Sampah; Energi Terbarukan atau Teknologi Tepat Guna (penjernihan air, pemanfaatan energi surya, mikro-hidro, bio-gas, bio-etanol; dan lain-lain.)
  • Kegiatan Wisata, meliputi: Sub Camp Palembang; Wisata Alam; dan Wisata Pendidikan.
Selain itu juga terdapat kegiatan-kegiatan lain, seperti:
  • Kegiatan rutin perkemahan, seperti: keagamaan, olah raga, upacara dan apel pasukan, permainan persaudaraan, Forum Penggalang (diskusi), anjangsana, kunjungan pameran, dan aneka game dan kuis.
  • Kegiatan Pendidikan dan Seni Budaya, meliputi: Information Communication and Technology (ICT) zone; English Zone; Diskusi Pendidikan dan Perlindungan Anak, Pelestarian Budaya Bangsa; Pemutaran Film Pendidikan; Jumpa Tokoh (Artis); Pentas Seni Daerah; Karnaval dan Festival Nusantara; Upacara dan Gelar Seni Pembukaan dan Penutupan Jamnas IX 2011; serta Malam Bhinneka Tunggal Ika (Grand Campfire).

upacara pembukaan Jamnas IX 2011

President SBY membuka pelaksanaan Jamnas

Suasana sub camp di Bumi Perkemahan Cadika Kota Palembang

Cewek yang satu ini emang gak ada matinye so'al prestasi dan kegiatanya,. baru2 ini Do'i baru datang dari Sumatera Selatan mengikuti Jamnas. waktu ketemu Dia aku bilang " Kamoe koq makin item sich..", dan ternyata Aq adalah orang kesekian yang mengatakan hal itu, he3. MUNGKIN disana doi suka panas2an ya....

Saat itu adalah hanya seorang IFA MAS’ULANI yang lolos seleksi kwartir daerah mewakili kwartir MTs Negeri tuban mewakili Kabupaten Kota Tuban dalam JAMNAS IX 2011, setelah melewati masa pemusatan latihan di daerah akhrinya bersama sekitar 38 peserta + Pembina berangkat ke Sumatra selatan untuk bergabung dengan pramuka lainya dari seluruh Indonesia.

this is our IFA

Keep smile Fha....keep smile to everybody, made others smile with your great achievement

 we are the champion....
  
Banyak kisah yang teruntai oleh dara kelahiran  Tuban 09 November '09 ini selama di camp. Kontingen dari tuban sempat jadi LEADER Yel2 mewakili jawa timur lho dan itu tentunya karena ke-CREWETAN dan NGGAK BISA DIEMnya cewek yang doyan banget ngelahap spaghettie dan nyruput Es oyen ini, he3. selain shopping, camping dan blogging Non IFa emang juga paling doyan kalo dengerin music, sampai2 waktu di camp Do'i rela bolak - balik ke pasar dan camp yang jaraknya nggak deket, sekitar 2km, hanya buat nukerin MP3 yang gak pas(rusak). 

SELAIN pengalaman yang nyenengin, ada juga kisah haru biru yang pengen dibagi ma kita2 juga oleh IFA, salah tiganya adalah; selama Jamnas tenda Putri kontingen Tuban gak dapet pasokan listrik (gelap2an dong, tapi mungkin panitia juga paham kalo kontingen dari Tuban mah biasa dengan gelap, ha3). Pernah juga neng Ifa ma temen2 kontingen dari tuban ribut ma panitia gara2 udah antri lama Eeeee malah ga dapet sayur buat ma'em, sontak Ifa's friend mereh2 ma panitia dengan bahasa jawa kentel, wal hasil panitia cuma bisa memble aje ga tau apa yang dimaksud, huaha3. Trus yang ga kalah mBETEinya adalah pas waktu mau pulang ada jembatan yg putus di lampung, akhirnya Bis yang mereka tumpangi mesti nunggu ampe kurang lebih 5 jam (untung ga pada mateng kepanasan dalam Bis ya)   

YANG PASTI, Cewek yang kebetulan bernaung dibawah Rasi Bintang Scorpion ini punya pesan buat kita2. 
"buat Siswa/wi MTsN Tuban...kedepanya lebih DISIPLIN lagi dalam bertingkah laku, JANGAN NAKAL, Ugal2an, lebih santun dan ta'at ma Bapak/Ibu Guru"

UNTUK BAPAK/IBU GURU
"semoga lebih profesional lagi, friendly dan selalu bisa dan berusaha untuk membimbing
siswa/wi MTs Negeri tuban jadi lebig baik lagi kedepanya"

AMIEN.....

OK Brow...ini dulu kisah tentang MBA'ULANI ini, kapan2 kita sambung lagi
ngoprosin tenteng prestasi2 warga MTsN lainya..........SAMPAI JUMPA!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar